Berita

PANEN JAGUNG, KENALI DULU CIRI – CIRINYA

2019-05-15 10:20:14 oleh Admin

Jagung merupakan tanaman pangan penghasil karbohidrat yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Di beberapa bagian negara, bulir jagung sudah dijadikan makanan pokok. Untuk dijadikan makanan pokok, kita harus memilih jagung yang kualitasnya bagus. Seperti apa jagung yang berkualitas?

Sebelumnya kita juga harus tau ada beberapa kriteria jagung yang bisa dipanen diantaranya, adalah :

  1. Batang, daun, dan klobot berubah menjadi kuning atau mengering
  2. Bila dikupas, biji mengkilap dan bila biji ditekan dengan kuku tidak berbekas. Bila dilihat lebih jelas, pada biji terlihat noktah hitam

Jika semua kriteria di atas telah muncul dengan waktu tanam selama 80-100 hari maka jagung telah siap dipanen. Aktivitas panen dapat dimulai dari :

  1. Pemocokan, dilakukan setelah tanaman jagung melewati fase generatif. Tujuannya adalah untuk menurunkan kadar air. Pemocokan dilakukan dengan pemangkasan batang bagian atas disertai dengan pengupasan klobot. Diamkan jagung di lahan selama 2-3 hari sebelum dipetik.
  2. Pemetikan jagung, pemetikan dilakukan setelah pemocokan dan dikeringkan di lahan selama bebeapa hari. Sebelum dilakukan pemetikan, pastikan terlebih dahulu cuaca pada hari itu. Jangan lakukan pemetikan saat hujan karena dapat mempengaruhi kualitas jagung
  3. Mengarungkan jagung, karung jangan ditutup dengan rapat agar sirkulasi udara tetap baik dan mencegah kelembapan. Setelah dikarungkan jagung diangkut ke tempat penyimpanan sementara petani masing-masing. Tempat penyimpanan sebaiknya tidak terkena hujan, namun memiliki saluran udara yang baik. Jangan terlalu lama menyimpan jagung karena dapat mengakibatkan kerusakan.(RF)